Custom Search

Sabtu, 07 Februari 2009

Cerpen Pizza

“Whooaaaamm…!!’ Ikbal menguap. “Semoga hari ini indah!” doanya.
Kenapa ya dari jaman baheula gue gak pernah bisa bangun pagi dikit kek… Mesti aja jam 10 lagi. Menyebalkan!!! Udah turunan kali yee… he.. he.. he….
“Ikkkbbbbbaaaaallllllllll cepet bangun!!! Kenapa sih anak mama yang satu ini gak pernah bisa bangun pagi???”
“Iyyaaaa maaaaa….. Ikbal udah bangun kok!!!”
“Ya udah cepet turun, mandi, sarapan! Kamu tuh mirip sama papa kamu, susah banget kalo di suruh bangun.”
Huh dasar nenek-nenek! Cerewet banget! Males banget nih gue bangun. Tapi, ntar gue kuliah jam 12. Mana dosennya garang abis.
“ikkkballll..!! Cepetan turun trus mandi! Ngelamunin apa sih dari tadi?!!” bom suara mama kembali melengking di telinga Ikbal.
“Iya, Ma, sabar dikit napa. Marah-marah terus ntar cepet tua loh. Ini Ikbal udah masuk kamar mandi…”
“Mandinya jangan lama-lama.!”
..lalala laaaa….. haaammpaaa terasaaa hidup kuuuuu tanpa diiirrriiimuuuu…
Berangkat ah. “Ma… Ikbal berangkat dulu ya! muach.. muachh..!!”
Brummm…brummm… CABBUUUTTTT…. Macet lagi… Macet lagi… semprul….!! Kemana tuh polisi lalu lintas? Tidur mulu kerjanya kayak gue. Kalo gue sih tidur mulu nggak di bikin patung. Nah kalo polisi, bisa di bikin polisi tidur. Makanya dari kecil bercita-citalah jadi pensiunan, nggak kerja tapi dapet duit, he.. he.. he..
Udah ah jangan ketawa sendiri di jalanan. Ntar dikira orang sableng. Masak Ikbal yang guanteng di samain kayak wong gendeng. Gak banget gitu loh! Saat yang dinanti-nanti tiba. Yak jalan! Brummm… wesssss..!! Ciiiiitttttt…………
“Oopppssss soo soo sssoory!’
“Makanya kalo mau parkir mata di pake! Jangan cuma buat pajangan!”
Buuusssyeettt!!! Nih cewek cantik benerr… Tapi sayang, galakkk banget… Jadi nilai cantiknya dikurangi –10.
“Mmbaakk, kalo jadi cewek galak susah dapet jodoh looo…” Ikbal mencoba mencairkan suasana dengan banyolannya yang nggak lucu. Si cantik bergeming, melengos dan berlalu dari depan Ikbal.
“Huh sombong kali..!” Ikbal mendengus kesel.
***
Huuhh… haaahh… Mesti naik satu tangga lagi. Mana perut keroncongan.
Ayoolah… Ikbal yang cakep plus baek n gak playboy pasti kuat. Yeeee… akhirnya sampai juga. Ikbal jingkrak-jingkrak edan sendiri. Ruang kuliah terasa senyap. Haaahhh,,, Pak Rahmat, si killer, udah masuk.
Duduk belakang ah… biar bisa nyante… Ikbal menyelinap saat Pak Rahmat tengah sibuk mengutak-utik proyektor yang kelihatannya mendadak macet. Pas Ikbal menaruh pantatnya di kursi deret belakang, blab..!! Proyektor aktif kembali. Pak Rahmat melanjutkan uraiannya tentang gen manusia.
Kuliah berjalan Ikbal sama sekali nggak bisa konsen. Percuma Pak Rahmat nerangin cas cis cus, nyampe berubah tahun pun Ikbal tetap gak ngerti. Dasar otak bantal, yang dipikir tidur terus.
Ikbal gelisah. Perut keroncongan karena tadi nggak sempet sarapan. Tapi bukan itu aja yang bikin Ikbal gelisah. “Gue kok jadi kepikiran cewek galak yang tadi ketemu diparkiran. Tapi, hiihhh amit-amit deh gue Ikbal naksir cewek galak kayak dia. NO WAY…” Ikbal ngoceh sendirian.
“Lu nape, Bal?! Nightmare lu semalem? Ngoceh sendiri kayak orang kesurupan,” Dodo nowel-nowel lengan Ikbal.
“Ehh kuliah dah selesai ye… Kita ke kantin aja yuk.” Ikbal nggak mau Dodo ngorek-ngorek tentang dirinya. Bergegas diseretnya Dodo ke kantin.
“Do, lu mau beli apaan? Kok kayak orang bego gitu sih?”
“Jeeeroooo neee pooolllll 5 meter,” Dodo yang asli Jawa sewot dibilang bego.
“Sorilah, abis tingkah kau itu terlihat bloon. Tapi, Do, tak usah di masukin hatilah. Tau gak, Do? Tadi siang gue ketemu cewek.cuuaaannntiik banget.”
“Gimana ceritanya, Bal?”
“Tadi pagi gue kan mau markir motor eeee…… tiba-tiba tu cewek lewat di depan motor gue. Tuh cewek hampir aja ketabrak. Lucunye, eh malah dia yang ngomel-ngomel. Dia ngomong.. makanya mata di pake jangan cuma buat pajangan. Dahsyat kan, Do?!”
“Tuh cewek bener, Bal.”
“Udah ah gue jadi bete kalo nginget-nginget itu lagi. Cabut yuk!””
***
Pukul 14 lebih sedikit Ikbal nyampe rumah. “Ma, Ikbal anak mama tercinta udah nyampe rumah.” Teriak Ikbal seenak udelnya. Masuk kamar ganti, baju trus tidur. Itu prosesi Ikbal setiap pulang kuliah.
Kroek-kroek tin ton… “Hp gua bunyi ada sms dari siapa ya???”
Cnta, lg Dmn?JmPt aQ duNkz.
CpTan LeZz… Gpl.
“Ah… Santi minta jemput. Males banget gue, baru aja pulang, caappeee deeehhh….”
Iya cnt. Tp Q Ru smpe
Rmh ney… cape. tunggu aja
Di tmpt biasa. aq jmpt skrng.
“Ma, Ikbal pergi jemput Santi dulu ya?”
“Ati-ati ya nak…”
“Sipp……ma.”
Duhh, mudah-mudahan gak kena macet. Doa Ikbal penuh harap. Tadi pagi berdoa moga hari ini indah! Tapi tetep aja apes, gerutunya. Akhirnya, sampe juga di IKJ.
“Santi………”
“Yups, tunggu dulu, Bal, kamu mau gak temenin aku ke Taman Anggrek?”
“Mau ngapain sih ke sana. Kalo cuma jalan-jalan besok-besok aja deh! Aku capek banget nih.”
“Jadi gak mau temenin aku nih?”
“ENGGAK!!!”
“YA UDAH!”
“Cepet naik, trus aku anter kamu pulang! Aku dah capek, pengen tidur.”
***
Ternyata punya cewek itu ada enaknya ada enggaknya. Enaknya, ada yang merhatiin, bisa di ajak jalan. Gak enaknya, gue jadi banyak pengeluaran, repot, harus siap jadi supirnya. Boros dalam hal pulsa, karena tempat kuliah gue beda sama tempat kuliah dia. Dan kita jarang ketemu, paling seminggu sekali. Lagian gue pikir-pikir, gue sering ngegombal ma dia. Gue gak terlalu cinta ma dia. Pengen sih putus dari dia, soalnya dia manja banget. Tapi gue gak bakall mutusin dia duluan, pliiss dehh, mau taro di mana harga diri gue?! WHoaaMm… ngantuk! Tidur ah… Grookkk.. groookkk..!! Busyet Ikbal tidurnya ngorok.
***
“Bal, gue mau ngomong penting sama lo.” Santi kelihatan serius.
“Ngomongin apa, San?”
“Bal, kayaknya hubungan kita ini dah gak bisa di terusin lagi. Aku dah gak tahan sama sifat kamu yang cuek, egois, dan gak pernah ngertiin aku. Mulai sekarang kita dah gak da hubungan apa-apa lagi. KITA PUTUS.” Santi ngomong tegas.
“Tapi San, gue bisa ubah sifat gue. Pliiis San, jangan putusin gue! Gue gak bisa hidup tanpa lo!”
“Enggak, Bal! Gue gak bisa! Byee…” Santi pergi meninggalkan Ikbal.
***
Yeeee……… guee putus ma Santi… hilang sudah semua penderitaan guee… Merdeka! Goodbye Santi! Napa gak dari dulu sih! YAAAAHHHH……… CUMA MIMPI. Gue kira beneran, sebelll…!! Ikbal kecewa.
“Iiikkkkbbbaaalllll…… bangun! Ni ada telpon dari Santi.”Jlegeer! Suara mama yang kayak petir ngagetin Ikbal. Ikbal gelagapan. “Hah Santi?! Mau ngomong apa ya? Semoga dia ngomong pengen putus dari gue. AMIIINNNN…”
Bergegas Ikbal turun dari kamarnya yang berada di lantai dua.
“Halo, Ada apa, San? Tumben telpon.”
“Bal, kayaknya hubungan kita cukup sampe disini aja deh! Gue dah ga tahan ma sifat lo. Gue harap lo ngerti, semoga ketidakhadiran gue di samping lo, bisa membuat hidup lo lebih baik. Makasih atas semua yang udah lo kasih ke gue.”
“Tapi, San? Gue masih sayang lo. Pliis, kasih gue kesempatan buat ngerubah sifat gue!”
“Gak bisa, Bal! Maaf kesempatan hanya datang sekali. Kesempatan lo dah habis. Thank’s n bye…” TUT.. TUT.. TUT.. Telpon di putus Santi.
Yesss!! Tuhan emang baek banget sama gue. Mimpi gue jadi kenyataan. Emang cerdas tu Santi, gak ada dia hidup gue bakal jadi lebih baik. Thanks, God!
***
Besoknya di depan ruang kuliah umum. BBBBRRRRAAAKKKKKK…… Kaki Ikbal kesandung sepasang kaki milik seorang gadis cuaannttiikk.
“Eh, maaf.”
“Hah elo lagi?! Cowok yang waktu itu mau nabrak gue?”
“Kenalin, gue Muhamad ikbal Solekhan, anak fak biologi.” Ikbal nekat.
“Gue Tiara Hilton. anak farmasi.” Si cantik menyambut hangat.
“Lo ada kuliah jam berapa? Masih lama?” Ikbal terus menyerbu.
“Masih lama sih, emang kenapa?”
“Lo mau ga nemenin gue makan di kantin?” Ikbal gak mau buang kesempatan.
“Gimana ya? Ya udah ayuukk…” Si cantik nyerah juga. Beriringan mereka jalan ke kantin. Ikbal serasa kejatuhan bintang tujuh. “Ehemm, ehemm.. Kemaren lo kok bisa galak banget sama gue? Gue kan gak sengaja!”
“Maklumlah gue lagi PMS. Dah ah, makan dulu, ngobrolnya nanti lagi.”
“Ra, lo dah punya cowok pa belom?”
“Gue baru putus, Bal, sama cowok gue. Makanya kemaren gue sensi banget.”
“Kalo gitu.. ada lowongan dunkZ…?”
Tiara diam, dan hanya tersenyum.
***
Satu bulan berjalan, Ikbal dan Tiara makin lengket. Mereka sering jalan bareng, dan dahsyatnya… kalo lagi ada dideket Tiara, Ikbal ngerasa hatinya tenteram banget. Ikbal udah nggak sabar buat ngungkapin perasaannya ke Tiara.
Dalam keheningan malam ini,
hatiku memilih dirimu untuk
mengisi ruang-ruang hampa dalam setiap nafasku.
Kumau kau tau,
tiap tetes tatapku, iringi tanyaku,
apakah kau mau menjadi milikku???
Ikbal nekat ngirimin puisinya ke Tiara. Gak sampai dua hari, Ikbal dapat jawaban. Cewek tersebut mau jadi pacarnya. Bahagianya Ikbal. Dia ngerasa dah nemuin tulang rusuknya yang ilang. Ikbal yakin Tiara emang jodoh yang dianugerahkan buat dirinya. Anaknya baik, cantik dan gak manja seperti Santi. “Semoga kebersamaan gue ama Tiara gak akan pernah berakhir untuk selamanya.” Doa Ikbal sebelum tidur.
***
“Tir, makan yuk!”
“Yuk.., Kemana?”
“Gampang!”
Puter-puter cari tempat makan, akhirnya mereka berlabuh di pizza hut. Pesanan datang, saatnya makan! Habis makan Tiara pamit mau ke WC. Hp-nya ditinggalin gitu aja dimeja. Entah ada bisikan darimana iseng-iseng Ikbal ngebuka-buka tuh hp. Klik sana klik sini Ikbal nemuin menu diary.
Dadanya tau-tau sesak. Di diary-nya Tiara menulis bahwa dirinya masih mencintai cowoknya yang pertama. Hubungannya dengan Ikbal ditulis cuma sebagai selingan mengisi kehampaan. “Oh dunia kiamat. Ternyata Tiara gak sungguh-sungguh mencintai gue.”
Hati Ikbal hancur berkeping-keping bahkan udah gak bisa di tata kembali. Tanpa menunggu Tiara kembali dari WC, Ikbal langsung cabut dari situ. Hari itu juga Ikbal memutuskan goodbye Tiara. Ikbal setres berat. Rasanya gak sanggup lagi untuk hidup.
***
Tiara, gue udah kehilangan tulang rusuk gue. Hidup gue hampa tanpa lo, walau hubungan kita hanya satu bulan tapi semuanya begitu indah. Nama lo slalu berada di hati gue sampai MATI. Slamat tinggal Tiara, semoga lo selalu bahagia.
I love u… Ikbal.
Dua hari setelah pertemuan di pizza hut Tiara menerima surat tersebut dari Ikbal, yang kata Mama Ikbal ditemukan di samping mayat Ikbal yang mati bunuh diri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar