Custom Search

Kamis, 26 Februari 2009

Sms Gado-gado Oleh Gilang

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak akan lepas dari apa itu yang namanya CINTA. Mungkin kita semua dapat mengartikan apa itu arti CINTA. Akan tetapi kita juga tak bisa mengerti apa arti CINTA itu sesungguhnya. CINTA…….CINTA……dan CINTA…..

Suatu sore, dalam tetesan gerimis senja. Saat matahari melakukan rutinitas seperti biasanya yang mulai menggelincirkan diri turun menjadi petang ke batas cakrawala, dan temaram-temaram panjang disekitar kota mulai memancarkan cahaya senjanya. Saat siang terjemput malam terlihatlah seorang gadis manis berambut pendek sebahu dengan warna kulitnya sawo matang. Gadis manis itu sedang terduduk bersila manis dengan di sofa pink kecil di beranda luar kamar tidurnya dengan memeluk erat handpone kesayangannya yang sering ia namai dengan sebutan “DEKA” handpone itu adalah teman setianya dikala susah maupun senang. Gadis manis itu sedang Menangis seolah-olah ada suatu masalah yang sangat berat sedang menimpa dirinya. Akan tetapi gadis manis itu menangis justru karena dia mendapat kebahagiaan yang belum lama direngguhnya.
“PUPUT”
Nama yang cukup sederhana yang tak asing lagi untuk orang-orang disekitarnya. Yang secara langsung ada di benak mareka kata manis, energic, pintar, supel, sederhana, mengasikan dan banyak lagi mungkin yang akan mereka bayangkan dalam diri Puput. Akan tetapi kesempuranaan yang ada dalam diri Puput sangat bertolak belakang dengan keadaan kisah CINTAnya. Untuk mendapatkan CINTA SEJATInya tak semudah bagi Puput bagaikan membalikan telapak tangan. Banyak sekali masalah yang datang dari jalanan yang menikung tajam yang penuh dengan batuan terjal yang selalu menghadangnya.
Puput kerap kali putus nyambung CINTA. Dalam buku hariannya banyak sekali terpampang nama-nama mantan cowo Puput. Mungkin dari abjad A sampai Z ada disitu.
Sesungguhnya tak terbesit niat sedikitpun Puput untuk mempermainkan setiap cowo yang selalu datang dalam kehidupannya . Akan tetapi ada saja masalah yang selalu menimpanya. Entah itu yang selingkuh, tak cocok ataupun saat Puput menduakan cowo-cowo itu dan minta putus. Sampai Puputpun heran dan kadang sering kali kesal akan semua nasib CINTAnya. Namun apa boleh dikata CINTA dan PERASAAN seseorang tak ada yang bisa memaksakan. Karena kadang hal yang diharapkan berbenturan dengan kenyataan. Sering pula orang menganggapnya dengan takdir. Takdir yang sering kali membawa kita ke jurang tangisan air mata.
“ADE”
Itulah nama cowo yang selalu menghiasi hari-hari Puput sekarang dan yang Puput inginkan mungkin untuk selamanya. Cowo yang sangat Puput CINTAi. Kadang Puput membayangkan bagaimana kelanjutan kisah CINTA DAN KEHIDUPANnya apabila setelah Puput ditinggal ADE. Karena rasa sayang yang selama ini Puput rasakan itu tak sebesar rasa sayang Puput untuk dirinya sendiri. Karena Puput tulus menyayangi Ade.
“ADE” adalah salah satu nama yang tertulis rapi di buku harian Puput sebagai mantan kekasihnya. Yang sekarang talah kembali menjadi belahan jiwa Puput. Awal kisah CINTA dua sejoli itu adalah di saat Ade sedang menjalani PKL (Praktek Kerja Lapangan) sebagai tugas wajib di sekolahannya apabila telah kelas XI yang harus setiap siswa laksanakan setiap tahun tiba gilirannya. Jurusan yang Ade pilih adalah TPTL (Tekhnik Pemanfaatan Tenaga Listrik) di salah satu STM yang cukup terkenal di kota Purwokerto ini, tepatnya waktu Ade kelas XI STM dan Puput kelas IX SMP. Perbedaan umur mereka berdua adalah 2 tahun. Saat Ade dan para teman-tamannya yang mereka sebut dengan Genk CERIA sedang menginap dirumah Heri (salah satu anggota Genk CERIA yang kebetulan adalah tetangga sebelah rumah Puput).
Pada saat itu pagi yang cukup dengan sedikit sinar matahari yang ada karena sebagian sinar terangnya tertutupi kabut yang lumayan tebal dimana semua makhluk di alam semesta ini sedikit malas untuk memulai semua aktivitasnya. Puput sudah lebih dini bangun dibandingkan dengan beberapa anggota keluarganya yang lain. Hari itu tepat hari minggu, hari dimana Genk CERIA itu libur dari PKLnya. Sebenarnya sudah lama Puput memperhatikan Ade pada saat itu. Akan tetapi Puput belum berani mengungkapkan dengan sikap. Hanya dengan memperhatikan setiap gerak langkah dan senyum Ade itu sudah cukup membuat hati Puput sedikit bahagia.
Pagi itu saat Puput melakukan rutinitas setiap hari minggu pagi yaitu lari pagi untuk sekedar refresing setelah satu minggu penuh belajar sebagai salah satu kewajibannya sebagai seorang siswa. Saat Puput mulai merasa lelah dan merasa cukup dengan lari paginya, segeralah Puput kembali kerumah. Betapa terkejutnya Puput dengan suara merdu yang menyapa di depan tatapan matanya. Seseorang yang berwajah cukup manis yang tak asing lagi bagi indra penglihatan Puput.
Yupz…..seseorang tersebut yang tak lain lagi adalah Ade. Mengulurkan tangan seraya mengucapkan “ADE”. Puputpun dengan suara yang sedikit gemetar mengeluarkan suara dinginnya untuk menjawab “PUPUT”. Kemudian mereka lalu berjabat tangan. Puput terkejut setengah mati dengan sapaan lembut perkenalan Ade yang tertuju untuk dirinya. Tubuhnya dan wajahnya yang telah lelahpun tak bisa menutupi rasa bahagian dan terkejutnya dengan perkenalan Ade. Palagi saat menyentuh tangan Ade yang lembut itu. Uch……bahagianya Puput. Ingin rasanya Puput pergi ke luar angkasa dan meneriakan bahwa ini kejutan yang terindah yang Puput dapatkan di hari minggu yang sedikit tertutup kabut ini, agar semua orang di jagad raya ini tau bahwa orang yang selama ini ia perhatikan menyapanya dan ingin berteman dengannya.
Sejak perkenalan pagi itu hubungan pertemanan merekapun semakin akrab. Tak sulit bagi Puput untuk mengerti dan memahami semua sifat-sifat Ade begitu juga dengan Ade. Sampai pada akhirnya perasaan mereka berduapun tumbuh. Dalam hitungan minggu mereka berdua telah menjalin CINTA. Akan tetapi hubungan mereka hanya berjalan selama 1 bulan saja. Ternyata sikap yang Ade tujukan selama satu minggu terakhir ini ini sering membuat kecewa Puput. Bertepatan dengan itu masuklah seseorang dalam kehidupan Puput “TIO” namanya. Ternyata Puput lebih senang berpaling dengan Tio dari pada memperbaiki hubungannya dengan Ade karena pada saat itu Tio lebih mengerti apa yang Puput mau dibanding dengan sikap Ade yang akhir-akhir ini berubah menurut Puput. Tanpa pikir panjang Puput berani menduakan Ade dengan Tio. Akan tetapi perasaan takut akan kehilangan keduanya sering kali muncul di benak Puput. Akhirnya dengan beberapa pertimbangan dan saran-saran dari teman-teman Puput, Puput akan memutuskan salah satu diantara mereka. Puput memutuskan akan memilih Tio sebagai kekasih yang benar-benar Puput sayangi. Akan tetapi ternyata Tuhan berkehendak lain. Setelah beberapa minggu Puput menjalaninya dengan Tio, secara tiba-tiba dan sepihak Tio memutuskan Puput. Rasa kecewa Puput memuncak, hidupnya menjadi tak seimbang. Dengan penuh penyesalan yang amat dalam karena pilihan yang Puput pilih ternyata hanya membuat hatinya sakit. Dengan hati lapang dan sabar Puput menerima keputusan itu dan belajar memperbaiki penyesalaan yang telah Puput perbuat. Penyesalan karena Puput telah menyia-nyiakan kebesaran CINTA yang telah diberikan Ade kepadanya dulu. Awal perbaikan penyesalan itu adalah dengan mencari informasi kembali tentang Ade. Berkali-kali Puput meminta bantuan kepada Heri. Namun sayang ternyata Ade telah menemuka pengganti Puput. Rasa kecewa dan bahagia Puput bercampur menjadi satu. Bahagia karena mungkin Ade telah menemukan orang yang benar-benar bisa mengerti dan menerima Ade apa adanya. Rasa kecewa karena rasa sayang yang masih Puput miliki kini harus Puput pendam untuk melihat kebahagiaan yang Ade rasakan sekarang ini. Walaupu saat ini hidup Puput serasa tak bernyawa lagi. Sering kali Puput melamun dan kerap menyalahkan dirinya sendiri “mengapa setiap kisah CINTAnya harus berakhir dengan tetesan air mata kepedihan dan kekecewaan?” itulah kata yang sering muncul dibenak Puput. Kadang saat Puput SMS Ade untuk sekedar tanya kabar atau yang lainnya, Adenya selau bilang kalau dia sedang bersama cewenya. Betapa hancurnya hati Puput bahwa orang yang Puput sayangi sedang marasakan kebahagian akan tetapi bukan bersama dengan dirinya melainkan dengan cewe lain. Bisa dibayangkankan orang yang kita sayangi menceritakan semua kegiatan dan perasaan bahagiannya dengan orang yang dia sayangnya akan tatapi orang yang dia sayangi itu bukan kita melainkan orang lain. Uch……sakit banget tau, aku juga bisa ngerasaain.hee.heee..
Setelah hari berganti minggu, minggu berganti bulan, setelah kurang lebih 4 bulan melewati penyesalan itu ternyata Ade dengan cewenya itu telah putus hubungan. Dalam waktu 4 bulan itu tentunya Puput tidaklah sendiri. Puput menjalin hubungan dengan DIKA. Namun kekecewaan itu diulang kembali oleh Dika. Tanpa Puput sangka, belum sembuh dari sakit hatinya dan penyesalan itu ternyata Dika membuat goresan luka baru dihati Puput.
Sejak saat itu Puput takut untuk mencintai lagi. Walaupun dalam hatinya masih menyimpan sedikit CINTA untuk Ade. Akan tetapi Puput merasa tak pantas lagi untuk menjadi cewe Ade, untuk menjadi sahabat Ade juga sudah sangat bagus dari pada menjadi musuh. Apalagi untuk berangan-angan menjadi cewenya. Puput rasa itu sangat tak mungkin dan berlebihan banget. Puput malu dengan kesalahan yang telah Puput perbuat 4 bulan yang lalu. Akan tetapi sedikit demi sedikit suasana itu telah memudar. Persahabatan seperti dulu terjalin kembali. Sungguh kebahagiaan yang telah Puput nanti-nantikan setelah melukai hati dan menduakan CINTA Ade. Sekarang Ade sudah mau mengantar-antar Puput kemanapun Puput mau. Kedekatan Puput dan Ade semakin dekat saja ketika kakanya Heri (tetangga Puput ) hajatan. Kemana-mana selalu bersama. Bisa dibilang dimana ada Puput pasti disitu ada Ade.he..he…Romantis amat yach….jadi iri.he..he..
Setelah berjalan beberapa bulan Puput memberanikan diri untuk membuka pembicaraan tentang masa lalu mereka 4 bulan yang lalu. Sesungguhnya Ade sudah memaafkan Puput. Akan tetapi Ade belum bisa melupakan semua yang telah diperbuat oleh Puput. Segores luka 4 bulan lalu diakuinya masih terpendam dalam hati Ade samapi sekarang. Puput memaklumi hal itu, mungkin Puput dulu sudah keterlaluan sama Ade. Puput bingung dengan cara apalagi untuk bisa menebus kesalahan yang dulu itu. Akhirnya dengan keraguaan rasa takut dan tanda tanya besar Puput mengungkapkan dan mulai menceritakan semua kejadiaan masa lalu mereka itu. Satu per satu Puput menjelaskan semua. Awalnya Ade memberontak tak terima dengan semua penjelasan Puput. Banyak pertanyaan yang terlontar dari bibir Ade. Puputpun mulai bingung dengan semua pertanyaan yang ditanyakan Ade itu. Puput berpikir saat itu kejujuran lebih dari segala-galanya walaupun kadang kejujuran yang membuat semua berantakan. Akan tetapi Puput ingin menjelaskan dan menjawab semua pertanyaan Ade dengan jawaban yang sejujur-jujurnyanya. Awal persahabatan Puput dan Ade telah diawali dengan kejujuran dan keterbukaan dan juga harapan Puput kembali sama Ade yang besar. Harapan suatu saat Ade akan kembali menyayangi Puput seperti dulu lagi.
Ternyata awal kejujuran Puput tersebut membuahkan hasil yang cukup amat membahagiakan. Sekarang Ade mulai percaya lagi kepada Puput. Tidak lama kemudian kepercaaan itu tumbuh kembali menjadi CINTA seperti dulu lagi. Ade belum berani mengungkapkan kepercayaan dan rasa sayangnya pada Puput telah kembali walaupun Puput telah labih dulu mengakui bahwa Puput masih menyimpan perasaan yang dulu telah Puput sia-siakan. Sikap Ade sekarang menjadi cuek banget kepada Puput. Perasaan kecewa Puputpun kadang-kadang muncul, Puput merasa rasa sayangnya sekaranglah yang tak terbalas oleh Ade. Namun, dengan kemauan dan keyakinan yang besar untuk bisa memiliki Ade kembali, Puput memutuskan untuk tetap selalu menunjukan perasaan sayangnya kepada Ade walaupun rasa itu tak terbalas oleh Ade.
***
Di suatu sore yang agak mendung dan berawan itu. Puput menelepon Ade. Awalnya tujuan Puput menelepon Ade hanya sekedar untuk melepas sekelumit rindu yang sudah lama mendera di hati Puput akhir-akhir ini. Lama kelamaan mereka berbincang-bincang, kini Puput mengawali dengan semua pertanyaan yang selalu ada di benaknya selama ini. Dan sampai pada akhirnya Puput telah menemukan jawaban yang telah lama Puput nanti-nantikan. Ternyata selama ini sikap cuek Ade kepada Puput dikarenakan Ade sedang menguji Puput untuk rasa sayang yang selama ini Puput bilang itu masih Ada di hatinya. Sedikit lega hati Puput sekarang karena dugaannya selama ini tentang perasaan Ade selama ini ternyata salah. Di salah satu resepsi pernikahan kaka heri, disaat itulah Puput mulai pembicaraan dari hati kehati. Dan dihari itulah Puput dan Ade mulai mengikat suatu komitmen hati untuk saling menyayangi kembali seperti dulu. Bahagia banget jadi Puput, karena ia telah diberi kepercayaan dan kesempatan untuk memperbaiki kesalahannya pada masa lalunya itu. “11” itulah tanggal komitmen itu dibuat yang menjadi tanggal CINTA mereka berdua. Kini keadaan hubungan mereka menjadi labih baik dari pada hubungan CINTA mereka dulu. Mereka berdua menjadi saling terbuka dan jujur satu sama lain. Hubungan yang nyamanpun mereka rasakan sekarang. Bahkan kedua orang tua Ade telah mengetahui dan Puput diterima baik di keluarga Ade. Sekarang celah kebahagiaan Puput terasa lebih dekat.
***
Malam yang dingin karena tadi sore baru saja turun hujan. Jalanan aspal depan rumah Puputpun masih cukup basah karenanya. Malam yang malas untuk melakukan aktifitas apalagi untuk belajar. Yang sedari tadi Puput lakukan adalah memencet tombol handpondnya. Ternyata Puput sedang SMSan dengan Ade sejak sore tadi.
“beBzQuw yaNg maZ caYang N cIntaI, maZ tiDuR dULu eAh beBz. daH maLam maZ daH ngAntuK nEch. BebZQuw tiDurNya JaNGan kemalaMan eaH.KEY mOga mImpiiN maZ sElalU…………LoVe U.”
Romantis banget SMSnya………….
BEBZS adalan panggilan sayang yang sering Ade ucapin untuk Puput.
“eaH MaZ, loVe U toO………..”
Itulah balasan SMS Puput untuk Ade soalnya Puput juga sedikit kecewa dengan Ade. Sebenernya malam ini Puput masih ingin SMSan dengan Ade, berhubung Ade sudah merasa mengantuk ya Puput tidak dapat memaksa Ade untuk menemaninya SMSan.
Puput masih memencet-mencet tombol handpondnya itu. Sampai tidak sengaja Puput menemukan nama di barisan buku teleponnya “WAHYU”. Sekilas Puput mencoba melihat dan kembali ke masa lalunya waktu masih di sekolah dasar. Pada saat itu di waktu masih polos-polosnya menjadi anak SD, Puput ditembak seorang cowo yaitu WAHYU. Entah kenapa Puput juga suka dengan WAHYU. Mungkin pada saat itu Puput hanya memandang paras WAHYU yang ganteng, akan tetapi dibalik kegantengan paras Wahyu juga termasuk anak yang lumayan pintar di kelasnya dia jugaa baik, ramah kepada teman dan tidak sombong dan bisa dibilang SEMPURNA. Kisah CINTAnya berawal dari perlombaan bidang studi matematika tingkat kabupaten yang masing-masing sekolah diwakili oleh Puput dan Wahyu. Dan ditambah lagi dengan lomba gerak jalan antar sekolah dasar yang juga memilih Puput dan Wahyu menjadi pemimpinnya. Singkat cerita, mereka kemudian jadian. Umur pacaran mereka cukup lama juga yaitu sekitar hampir satu tahun. Kenapa mereka bisa putus karena waktu lulusan mereka berbeda sekolah. Rumah merekapun jaraknya lumayan jauh. Akhirnya Wahyu memutuskan Puput. Puput tidak setuju dengan keputusan Wahyu akan tetapi Wahyu tetap bersikeras untuk tetap meminta putus dengan Puput. Sampai pada akhirnya Puput dengan berat hati menerima keputusan Wahyu tersebut. Sejak putus itu, Puput masih sering mengirim SMS untuk Wahyu untuk sekedar bertanya kabar dan mengucapkan selamat malam. Akan tetapi SMS Puput tidak pernah ditanggapi oleh Wahyu. Bahkan Wahyu pernah bilang kepada Puput untuk jangan mengganggunya lagi. Puput memaklumi keadaan Wahyu. Mungkin dia lebih nyaman tanpa kehadiran Puput disampingnya. Apalagi dulu disekolah barunya Wahyu menjabat menjadi ketua OSIS. Puput berfikir dirinya tak pantas menjadi pendamping (cewe ) Wahyu.
Itulah singkat cerita masa lalunya dengan Wahyu dulu waktu mereka masih di sekolah dasar. Malam ini Puput ingin iseng-iseng mengirim SMS untuk Wahyu.
“Malam Wahyu, g’ngapZ nech????masih ingEt maQ gaX????.”
“Malam juGa, Tapi MaAf neCh ciApa yaH???.”
“maSa seCh ma temEnd senDiri Lupa, Aq Puput temend Kamu MasiH ingEt gax???.”
“oOw……..maAf yah Puput temEnQuw yanG maNa????teMenQuw yanG namAnya Puput juGa banYak seCh. Puput yaNg mAna yah??????.”
“Iiiiiiih……..jaHat banGet si WahYu. neCh Puput temend kaMu waKtu SD. ingEt gaX?????maSa seCh nOmer HPku daH kaMu haPus darI HP kamU????.”
“maaF yaH pUt, ku CumA berCanda. Ku ingEt kaMu kox. Ku CuMa laGi pengEn iSeng zA……..Jangn marAH yAh. Maaaaaaaaaaaaaaaaaaaaffffffffffffff baNget.hiX…Hix….”
“jaHat Banget SicH Yu, kirain kaMu dah gax ingEt ma Puput Lagi………”
Itulah beberapa SMS dari Puput ke Wahyu. Lama kelamaan wahyu menanyakan STATUS Puput sekarang ini (maksudnya bukan satus jandanya.he..he..tapi status dah punya cowo belum.geto……)
“Put, maaf yaHku leh tanYa seSuatu gaX ma kaMu???ini tentAng PRibaDi kaMu????taPi aku minTa kaMu janGan maraH yaH………..”
“oH………Mau tanYa tentaNg apaN??????tergantunG perTanyaan kaMuku marAh pa gaX mA kaMu.”
“sekArang kaMu dah punYa pacAr beLum???.”
“manG kenApa kaMu kox tanyanYa gEto??????????emanG apa huBungannyA samA kamU???????.”
“yA……..Gax ada hubUngannyA Apa-apA siCh ma akU. Cumaku penGen taU ajA. Gax bolEh pA??????.”
“aKu daH punyA pacAr.EmanG kenapA siCh???????.”
“berArti kesempaTanku Dah gax adA lagI donX buaT dapatin kamu put????.”
“Lho…..emAngnya kamu belUm punYa cewE pA Yu??????.”
“seBenerNya SicHku Dah Punya, taPi gimAna ya……….”
“gimaNa apAnya???????????????????.”
“sekarang ceweku kelas IX.kan bentar lagi mu ujian kita ga pernah pergi palagi buat jalan-jalan. So,Q penGen caRi hiBUran yanG lain Dong.”
Membaca balasan SMS Wahyu, Puput merasa kaget bukan main. Puput tidak menyangka ternyata sikap Wahyu selama ini itu seperti ini. Sangat jauh dengan sikap Wahyu selama dulu masih bersamanya. Ternyata gosip-gosip teman satu SDnya itu benar bahwa Wahyu sekarang menjadi Playboy (suka gonta-ganti cewe). Tapi yang masih Puput bingungkan kenapa sudah punya pacar tetapi masih tetap mencari pacar lagi. Sedikit-demi sedikit Puput mengulas semua kecurigaannya.selama beberapa hari ini Puput masih SMSan dengan Wahyu. Kadang suatu ketika Puput tida membalas SMS dari Ade akan tetapi malahan asyik SMSan dengan Wahyu. Kadang Puputpun mulai merasa bosan dan jenuh SMSan dengan Ade. Maka dari itu, untuk sekedar hiburan Puput SMSan dengan Wahyu. Tak ada sedikit niatpun untuk menghianati Ade. Puput hanya ingin mencari tau tentang kebenaran gosip yang sering Puput dengar oleh indra pendengarannya tentang sikap Wahyu sekarang ini. Puput berfikir kelak akan merasa bangga apabila bisa membuktikan bahwa gosip itu benar atau salah untuk teman-temannya. Hari demi haripun telah terlewati, SMS demi SMSpun telah banyak Puput kirim untuk sekedar membalas SMS dari Wahyu. Pada suatu ketika saat Puput sedang SMS biasa dengan Wahyu. Puput kaget dengan SMS Wahyu .
“Put, Mau gAx jAdi paCarKu??????.”
Kontan Puput kaget setengah mati. Kenapa Wahyu bisa menembak Puput. Apa alasan dan tujuan Wahyu ingin jadi pacar Puput. Puput penasaran banget dengan pernyataan itu. Padahal Wahyu tau kalau Puput sudah punya pacar. Dan Puput juga sudah tau kalau Wahyu juga sudah punya. Bahkan Wahyu bilang kepada Puput kalau Wahyu sangat menyayangi Sinta (pacar Wahyu). Tetapi kenapa Wahyu ingin menduakan Sinta. Ingin sekali rasanya Puput mendapat jawaban dari semua pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam benak Puput. Puput bingung harus berbuat dan menjawab apa dengan pertanyaan Wahyu. Disalah satu sisi Puput ingin menuntaskan penyelidikannya dengan Wahyu. Tetapi Puput takut jikalau Ade tau bahwa Puput menduakan Ade. Puput takut tak akan mendapat kata maaf dari Ade. Namun, misinya tinggal berapa langkah lagi untuk membuktikan kebenaran gosip itu, karena Puput belum bisa percaya dengan Wahyu yang sekarang Puput kenal. Tanpa pikir panjang dan bertanya terlebih dahulu dengan Ade. Puput menjawab “Y” untuk pertanyaan Wahyu kepadanya tadi.
Sepanjang Puput SMSan dengan Wahyu, lama-kelamaan Puput menemukan jawaban atas semua pertanyaan Puput kemarin-kemarin. Sekarang Wahyu mulai jujur dengan Puput. Kenapa ia ingin mencari pacar lagi karena selama ini Wahyu tidak mendapatkan kenikmatan dalam berpacaran yaitu sex. Secara Sinta itu gadis yang masih lugu dan polos untuk mengetahui sex dalam berpacaran. Puput membrontak, Puput memaki Wahyu karena dia telah salah menilai Puput sebagai cewe gampangan. Kontan Puput membalas dan memaki memutuskan Wahyu.
“maaf eAh maz Wahyu yanG sanGat Saya hOrmati, anda telAh salAh menILai diri Saya, anda pikiR saYa peRempuan gaMPangan pa?????MaaF saJa saYa bUkan peremPuan yaNG anDa maKsud yaNg maU menuRUti apA kemAuan maZ Wahyu unTuk meLakukAn seX denGan Anda?????maAf Yu, seLama ini Puput hanYA ingIn taU baGaimaNa siKAp Wahyu yaNg sekAranG. terNyata dUgaaN teMan-teMan selAMa ini beNar tenTang kaMU Yu, MaaF Puput GAx bISa terUsin huBungaN ini. KareNA semUA jawAban daH terJawaB seMua. makaSih atAs semUa jawaBannyA. Sekali Lagi maafin Puput.”
Sejak SMS Puput itu Wahyu menjadi tidak pernah SMS Puput lagi. Mungkin Wahyu malu atau merasa tidak enak dengan Puput atas semua yang Wahyu lakukan tempo hari. Sekarang tinggal menunggu saatnya untuk berkata jujur kepada Ade tentang semua misi yang telah dijalaninya selama ini yang membuat hubungan Puput dengan Ade sedikit menjadi renggang. Akan tetapi satu pertegasan Puput bahwa “TIDAK ADA SEDIKITPUN NIAT DI BENAK PUPUT UNTUK MENGHIANATI ADE”
***
Disuatu sore yang sedit hangat karena sejak tadi pagi tidak turun hujan terlihat Puput sedang duduk di beranda depan rumahnya dengan muka sedikit ditekuk. Sepertinya ada sekelumit perasaan yang mengganjal di benaknya. Perasaan apakah itu????????. Ternyata Puput sedang sedikit bingung, dia bingung bagaimana caranya dia menyampaikan semua misinya kemaren kepada Ade. Puput takut Ade tidak dapat memaafkannya dan kemudiaan meninggalkannya. Puput belum siap untuk kehilangan Ade. Karena sekarang Puput sangat menyayangi Ade. Ade telah menjadi bagian dari hati dan hidup Puput selama ini. Namun dengan cara apapun Puput harus jujur kepada Ade. Karena Puput takut Ade mengetahui hal ini bukan dari dirinya sendiri melainkan dari orang lain. Pasti itu akan lebih menyakitkan dan akan dikira menjadi suatu penghianatan yang kedua kalinya kepadanya. Dengan segenap keberaniaannya Puput memulai mengirim SMS untuk Ade.
“meT CorE maZ, LagI ngApaIn neCh????.”
“mEt cOre JugA beBzku yaNg paling maZ cAyaNg, Lagi TiduraN ajA neCh di kaMar samBiL dengErin mp3. beBzku senDiri laGi ngaPain????.”
“beBz laGi duDuk aJa diruMah. maZ adA yaNg maU beBz omoNgin ma maZ, taPi bebZ taKut maZ marAh tyuZ ninGgaliN bebZ.”
“eMang Mau ngOmong aPan siCh bebZ???????koX kaYa sEriuZ banGet. yA gax taU marAh pa gA. oraNG bebZ juGa belUm ceriTa ma maZ. MakaNya sekArang cerITa eaH!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!.”
“AagH…………….gaX jaDiLah maZ, bebZ belUm siAp buAt keHilangaN maZ.”
“kalo bebZ gAx CeriTa sekaRAng mA maZ, maZ maRah LhO mA BebZ…………..”
“gaXLah maZ, bebZ belUm siaP keHilangaN maZ.”
“EmanG maU ngOmonG apAn siCh bebZ??tYuz maU ngOmonG kaPan??????.”
“eNtar Aja KalO sudaH keteMu Ma MaZ.”
“emaNg KalO daH keTemu mA maZ, bebZ daH siaP siCh bUat kehilaNgan maZ?????.”
“yA, bElum SicH………”
“Ya UdaH cerIta sekArang!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!.”
“jujuR bebeRapa Hari Yang LAlu BebZ seMpaT jadIan ma seseoRang, yaitU Wahyu, manTAn bebZ duLu wakTu masIh SD. tuJuan bebZ AdaLah unTUk mencari TAu tenTAng Sikap Dia selama ini GimanA.soalnyA kaTA teMen-temEn Dia daH beDa. leBih buRuk mALahan.maAf sebElumNya bebZ gaX ceriTa dan minTA penDApat dulu mA maZ kaRena bebZ takUt maZ gA nGijiNin bebz buAt ngeLakuin inI.maZ………………MaZ mau maAfiN bebZKaN??????SUMPAH maZ selaMa bebZ jadIAn Ma WahYu bebZ gaX ngeLakuin apA-APa.gax aDa niAt seDikitPun buAt hiAnatI maZ. bebZ CumA nGuji Wahyu toX. daN terNyata sekaRAng diA taK sebaik yaNg bebZ kiRa Selama ini. Wahyu miNta jAdian mA bebz kaRena dia CuMa penGen SEX daRi bebZ toX. kaRena CewenYA gaX biSA memeNuhinYA selaMA beberaPA bulAN pacaRAn deNGAnNYa.”
“AkU gaX nyaNgka terNyata orang selamA ini aKu peRcaya dah hianati Aku lagi. orAng yaNg benaR-benar Aku caYAng teGa ngelakUin iNi yang keDua kalinya mA Aku.apA kaMu gaX mikiRin perSAan Aku???SAkit baNGet TAu. kaTAna sayanG CinTA???Kox TegA ngeLakuin seMua iNi hAnya GAra-gaRA inGin taU BAgAimanA sikAp manTAnnya sekARang Ini.AKU KECEWA MA KAMU.”
Saking marahnya Ade sampai tak sudi untuk memanggil Puput dengan sebutan BEBZ lagi. Puput bingung setengah mati. Bingung harus ngomong apa kepada Ade. Isak tangis Puputpun tidak dapat ia bendung lagi.
“MAaF bangEt maZ…..bebZ nGaku BebZ EmaNg saLaH….PleAse, maaFin bebZ. bebZ sayaNg baNget Ma maZ. bebZ beLum siAp buAt keHiLangaN mAz. ”
“sebErani iTu kaMu pertaruhkan Rasa SayaNg kaMu buAt rasa ingIN taU Kamu tenTAng seSeoraNG di masA laLu kaMu????saMpai kaMu berAni menDuaKan aKu lagi????.”
“maaF banGet maZ……………..”
“mAaF???????seGampaNg ituKAh kaMu biLAng MAaf seteLah meLakukAn kesAlahan yaNg sAma 4 buLAn yAng lAlu????aKU tAk menYAngkA Kamu maU meMenuHi kekUrangan SEX daRi cewE Wahyu. Aku kiRA kAMu cewe bAik-BAik. naMun muNgkin Aku saLah menILai kaMu.”
“maaF yah mAz, Aku terIma kaMu mArah sAmA akU. tApi asAl maZ taU akU bukAn cewe yANg mAz mAksuD. Aku bukAn cewe gAmpanGan SeperTi iTu. aKu mAsih memPunyai hAti nuRAni daN akaL yaNg CukuP seHat Baik unTUk memikirkAn haL yAng bAik dAn BuruK. Aku terSingguNg deNgan semUA KAta-kaTA mAz. maKasih Kalo maZ g Bisa nGertIin aKu. Aku tAu akU salaH. taPi please maZ berI akU kesemPatan lagI. akU belUm siAp untuK kehilanGan mAz. akU sayang saMa maZ. ”
“mAaf kaLo katA-kaTa Aku menYinggung haTi kaMu. akU gAX berMaksud begitu. Ya UdahlaH, udaH malAm. beSok masih Ada sekolAh. meT maleM N meT boBo.”
Setelah Ade menutup SMS. Puput mulai merenungi semua yang tlah terjadi. Apakah perasaan ingin tau tentang mantannya itu berlebihan sehingga membuat sikap Ade jadi seperti ini. Pikir dan laku Puputpun tergoncang akibat peristiwa ini. Disamping itu, Puput juga kangen dengan Ade. Karena sudah hampir satu minggu mereka tak berjumpa. Puput iseng-iseng buka-buka handponenya. Yang ia temukan adalah banyak banget balasan SMS Ade berapa menit lalu. Kemudian Puput temukan sebuah lagu yang amat disukai oleh Ade dan Puput. Lagu yang berjudul MERINDUKANMU yang dibawaka oleh Grup Band D”MASSIV. Lirik lagu yang sederhana akan tetapi mempunyai makna tersendiri untuk Ade dan Puput. Lirik-demi lirik Puput nyanyikan bersamama kegalauan hatinya. Sampai Puput tertidur pulas dengan sejumlah air matanya yang masih mengalir.
Saat aku tertawa diatas semua
Saat aku menangisi kesedihanku……..

Aku………. ingin engkau selalu ada
Aku……….. ingin engkau selalu aku kenang…….

Selama aku masih bisa bernafas,
Masih sanggup berjalan,
Kukan slalu memujamu…………….

Meski ku tak tau lagi……
Engkau ada di mana,
Dengarkan aku………..
“KU MERINDUKANMU”

Saat aku mencoba merubah segalanya…..
Saat aku meratapi ke kalahanku………

Aku……..ingin engkau selu ada………
Aku……….. ingin engkau selalu aku kenang…….

***
Saat sang mentari mulai menyapa dan tetesan embun pagi yang temaninya. Puput melakukan rutinitas seperti biasanya. Bangun pagi-pagi, belajar pagi, membantu orang tua dan belajar di sekolah. Berdampingan dengan itu, Puput masih memikirkan kejadian tadi malam. Puput masih bingung. Bagaimana ia menjelaskan lagi tentang masalahnya kepada Ade. Karena Puput sudah menjelaskan semua kepada Ade. Bertepatan dengan itu, hari ini ulangan mata pelajaran KIMIA. Uch……mata pelajaran yang amat sulit kalu tidak paham. Puput mengerjakan sebisa pikiran dia mau berjalan mengerjakan soal yang penuh dengan rumus-rumus yang membingungkan itu. Sampai konsentrasinya buyar ketika handpone di saku rok abu-abunya bergetar. Puput sempat berangan-angan kalau itu adalah SMS dari Ade. Pernyataan bahwa Ade telah memaafkannya. Setelah keluar dari ruangan, Puput segera membuka SMS di handponenya. Ternyata itu SMS dari pakdhe Puput yang ada di Sumatra yang menanyakan kabar keluarga Puput di Purwokerto. Harapan Puput putus lagi deh.
“Ring………………………ring…………………”
Saat bel pulang sekolag berdering, terdengarlah suara jeritan seorang cewe yang suaranya melengking tinggi sekali.

“Aaaaaaaaaauuuuuuuuuuuuuuuwwwwwwwwwwwwwwww”.
Ternyata itu jeritan Puput. Ia baru saja mendapat SMS dari Ade yang segera itu tunjukan kepada Vina (teman satu kelas Puput). Dan segera Puput bacakan untuk Vina.
“bebZ, maZ taU bebZ sayang saMA maZ. taPi kenaPa bebZ korbaNin raSa sayang itU buAt menCari sesuAtu jaWaban siKap darI manTan bebZ???apa siCh untUngnya baGi bebZ setElah taU sikaP manTan bebZ yanG sekAranG???apA bebZ ingiN kemBali lagi samA diA???apA bebZ gaX mikiRin perAsaaN maZ sekAranG???.”
Puput senang sekali dapat SMS itu dari Ade. Puput berfikir Ade telah sedikit memaafkan Puput. Karena dari gaya bahasa SMS yang ditulis oleh Ade yang telah mau memanggil panggilan sayang Ade kepada Puput yaitu, BEBZ. Tanpa basa-basi dan menunggu waktu, Puput langsung mengirim balasan SMS dari Ade.
“makasiH maZ daH maU tAu kaLo bebZ maSih sayang saMa maZ. buKankah bebZ dah jelasiN sama maZ semUAnya. bebZ samA sekali gaX niaT buaT hIanaTi maZ. please maZ, kali ini bebZ minTa maZ perCaya saMa bebZ. bebZ janJi bebZ gakAn ngUlangin kesaLahan inI yanG ke-3 kaLinya. maZ maU gaX perCaya laGi saMa bebZ???”
“bebZ, untuK percaYa laGi saMa bebZ sepeti duLu gaX seGampang itU. maZ sayang koX saMa bebZ. maKa dari itU, maZ mencoBa buAt perCaya laGi saMa bebZ. pLeasE, janGAn perNah keceWain maZ laGi eaH!!.”
BAHAGIA itulah yang Puput rasakan saat ini. Tak terkira entah sampai mana kegembiraan itu. Tak dapat dilukiskan dengan kata-kata. Mulai sekarang, nanti, besok dan entah sampai kapan Puput tidak akan melupakan kebesaran hati Ade. Bagi Puput Ade adalah seseorang yang paling bisa mengertinya dalam keadaan apapun. “ADE IS THE BEST” itu julukan yang paling cocok yang Puput berikan kepada Ade. Satu kata untuk menutup semua ini,
“AKU SAYANG KAMU……………….ADE”. satu puisi yang Puput buat untuk Ade.

Kau bukan yang terindah………
Terbaik……..
Terpopuler……..
Terlembut………
Termanis………..
Tercerdas……….
Terhangat,………
Tapi kau adalah segalanya dihidupku
Sebab kau selalu punya hati untuk mengerti……..
Memahami……..
Kau tak pernah lelah untuk mendampingi
Untuk berbagi………..
Kau mengerti arti CINTA SEJATI
Dan makna hati tulus putih………

THE END

Tidak ada komentar:

Posting Komentar