Custom Search

Jumat, 13 Februari 2009

Memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat

Dalam memperkenalkan diri atau orang lain, satu hal penting yang harus diperhatikan adalah penggunaan kata ganti diri atau kata acuan. Sering dalam suatu acara pertemuan, moderator atau narasumber sendiri tidak tepat memilih kata ganti atau kata acuan sehingga dapat tercipta suasana yang kurang nyaman. Sebagai contoh, moderator yang masih muda menyebut narasumber dengan kata dia. Padahal,. Orang yang dimaksud sudah berumur, orang terpandang, dan belum begitu dekat/akrab.

Hal itu terjadi karena mungkin moderator kurang memahami latar belakang narasumher. Sebaliknya, terkadang narasumber sendiri kurang cermat dalam memilih kata ganti diri. Sebagai contoh, karena merasa masih muda dan ingin dikenal sebagai remaja yang gaul, ada yang menyebut dirinya gue atau aku saat perkenalan. Padahal, di hadapannya, ada orang-oarang tua atau mungkin orang-orang penting.

Agar proses perkenalan berjatan dengan lancar, sebaiknya, sebelumnya moderator
melakukan sejumlah persiapan. Berikut ini hal-hal yang perlu dipersiapkan.
1. Mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya seputar kehidupan narasumber. Hal itu dapat dilakukan dengan bertanya secara langsung kepada yang bersangkutan atau mencari sendiri dari sumber-sumber lain ( majaiah, iiYternei, atau buku biografi narasumber ). Usahakan informasi yang dikumpulkan adalah data yang aktual atau terbaru.
2. Mendaftax butir pokok yang akan disampaikan, misalnya nama, umur, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, karya atau prestasi yang pernah diraih, dan mungkin informasi seputar keluarga.
3. Menginformasikan kebenaran dan kelengkapan catatan yang telah disiapkan kepada narasumber. Dalam hal ini, perhatikan baik-baik penyebutan nama, gelar, dan nenghargaan yang pernah diperoleh sehingga tidak terjadi kesalahan.
4. Menentukan kata acuan yang tepat untuk menyebut narasumber.
5. Berlatih secara mandiri, baik hanya dalam batin maupun benar-benar diucapkan dan diperagakan lengkap dengan gaya bicara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar