Custom Search

Selasa, 03 Februari 2009

PERAN ILMU BIOLOGI BAGI KEHIDUPAN oleh: Muhamad Maulana x-4

Telah kita ketahui bahwa ilmu biologi sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Sekarang baik pelajar maupun mahasiswa pasti pernah mempelajari ilmu biologi walaupun hanya sebagian. Karena ilmu biologi banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Biologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup, baik manusia, tumbuhan dan hewan, serta unsur biotik dan abiotik nya. Biologi diterapkan pada beberapa bidang ilmu seperti ilmu kedokteran, peternakan, pertanian, dll. Jadi ilmu biologitidakdapat berdiri sendiri tanpa ilmu- ilmu lain yang mendukung nya.
Contohnya ilmu kedokteran, dalam ilmu kedokteran contohnya saja mempelajari penyakit kanker. Kita dapat mempelajari pengartian, penyabam, serta solusi dari penyakit tersebut. Kanker termasuk penyakit paru-paru, disebabkan oleh rokok. Ilmu biologi dapat pula dikaitkan dengan ilmu lain contohnya kimia.
Contohnya penggunaan bahan karsinogenik dan asbestos pada rokok dapat memperbesar resiko kanker terhadap manusia. Tidak hanya itu, zat-zat kimia lain seperti nikotin dan tar juga sangat berpengaruh. Salah satu solusinya adalah menghentikan penggunaan rokok sejak kini juga dan menghentikan penggunaanasbestos dan bahan karsinogenik terhadap rokok.
Cntoh diatas merupakan salah satu mempelajari ilmu biologi, dan masih banyak lagi contoh-contoh lai atau materi-materi lain yang belum kita pelajari dan dimana mempelajari biologi itu sangat penting
Jadi manfaat mempelajari biologi bagi kehidupan adalah memahami dirikita, untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang, meningkatkan pengaruh positifterhadap lingkungan sekitar kecil, serta sebagai pengetahuan.


--------------------------------------------------------------------------------
Coba emoticon dan skin keren baru, dan area teman yang luas. Coba Y! Messenger 9 Indonesia sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar