Custom Search

Rabu, 04 Februari 2009

Persahabatanku Oleh:Reza F

Pada suatu hari ada 5 siswa SMA yang berangkat ke sekolah bersama-sama.5 siswa itu bernama Topan, Inne, Sri, Abdul, Yasin, dan Yasir.Mereka berangkat dari rumah naik sepeda bersama-sama.Semua siswa itu sekolah di SMA Pengkolan 1 yang berada di desa Kalirejo,Kebumen.

Si Topan bersifat tanggungjawab,si Sri bersifat sangat peduli dan suka menasehati kepada teman,si Inne bersifat jahil,Abdul mempunyai sifat pemberani,Yasin mempunyai sifat jujur dan tegas dan yang terakhir Yasir bersifat patuh,rajin dan teliti.

Setelah sampai disekolah,Topan bertanya kepada Sri.

“Sri kamu sudah mengerjakan PR matematika belum ?

“sudah emangnya ada apa ? mau penjem apa ?

“Ya Sri aku mau minjem buku matematikamu,boleh atau gak ?

“Ya boleh-boleh saja,asal jangan sampai rusak loh ?

“ya tenang saja.

Setelah itu ada teman Sri yang bernama Abdul.Abdul jika dikelas sering mendengarkan musik.Contohnya saja jika istirahat atau sessudah pelajaran selesai,pasti dia langsung memegang handphone.

“Abdul,Abdul,Abdul………? Kata Yasin

“Eh kamu Sin,maaf aku lagi pakai headset jadi aaku gak denger kamu bertanya.

“Emangnya ada apa sih……..? kata Abdul

“Ke Kantin yuk……,aku lapar banget nih………..?

“Maaf ya…….aku lagi musikan dulu. Jawab Abdul

“Sin sama aku aja,aku juga mau ke kantin yuk………?

“Oh ternyata kamu Sir,ya sudah ke kantin yuk…..? kata Yasin

“okeeeeeeeee bozzzzzzzzzz.

Setelah Yasin dan Yasir ke Kantin.Kemudian tiba-tiba Sri mendekati Inne.Inne yang dari tadi diam terus di kursinya itu,melamun seperti orang yangh lagi memikirkan sesuatu.

“Ne kamu kenapa sih ? kok kamu dari tadi diam terus ? tanya Sri

“Aku tidak apa-apa kok,Sri. Kata Inne

“Tidak apa-apa gimana,kok kamu dari tadi diam terus Ne….?

“Begini loh Sri,Aku kemarin mencuri handphone dikelas sebelah.

“Haaaaahhhhhhhhhh ?

“Ne kamu kok bisa melakukan perbuatan itu ? itukan perbuatan yang dilarang agama ?

“iyaaa Ne benar apa yang dikatakan Sri tadi ? kata Topan

“Habis gimana lagi, aku mencuri handphone itu untuk perobatan ibuku yang sedang sakit di rumah.

“Ya tapkan bukan begitu caranya. Ya sudah lebih baik kamu besok kembalikan handphone itu kepada yang punya.

“Ya sudah, makasih ya teman-teman.

Setelah berbincang-bincang lama, bel pulang telah berbunyi.Semua siswa keluar dari kelas masing-masing,tetapi kebanyakan siswa SMA Pengkolan 1 membawa sepeda motor. Selain itu yang membawa sepeda cuman lima siswa itu.Setelah itu Inne dan Abdul sudah pulang terlebih dahulu,tetapi Sri, Topan, Yasin dan Yasir masih tetap berada di kelas karena besok ada ulangan harian ekonomi.

“Sri tadi sih ada apa kok ramai banget ? kata Yasin

“Oh yang tadi itu. Begini loh ceriatanya kemarin Inne mencuri handphone di kelas sebelah katanya untuk pengobatan ibunya yang sedang sakit.

“Kok bisa gitu ya..,padahalkan Inne orangnya tidak seburuk itu ?

“Ya……,aku sih gak tahu ya……..? kata Sri

“Eh teman-teman mendingan kita urunan untuk membantu ibunya Inne yang sedang sakit ? kata Yasir.

“Itu ide bagus. Terus urunannya berapa-berapa ? kata Topan

“Kalau kita urunan Rp 5000,00 aja, setuju apa gak nih ?

“Yaku mewakili temen-teman,katanya setuju.Terus kalau boleh ditambah uang kas kelas kita. Kata Sri

“Ya sudah. Ayo kita pulang ? kata Yasin

Sesampai di rumah masing-masing,Sri yang sedangmenonton televisi terdengar ada suara orang yang mengentuk pintu.Kemudian Sri membuka pintu itu.

“Oh kamu Yu, ada apa emangnya ?

“Begini loh Sri,aku kehilangan handphone dua hari yang lalu,kamu tahu gak handphone aku ada dimana ?

“handphone kamu ada di Inne.

“Apaaaaaaaaaaaahhhhhh,ada di Inne teman sekelasmu itukan ? kok bisa sih ?

“Iya, tapi kamu jangan marah dulu, dia berjanji akan mengembalikan handphone kamu basok.Percayalah………!

Ya sudah, makasiah ya atas informasinya. Assalamu’alaikum wr.wb

“Wa’alaikumsalam wr. Wb

Esok harinya Topan, Sri, Inne, Abdul, Yasin, dan Yasir berangkat naik sepeda bersama-sama dengan perasaan yang riang dan gembira.Sampai di sekolah Sri menanyakan kepada Inne tentang hal yang kemarin dibicarakan di sekolah.

“Bagaimana Ne,kamu siap mengembalikan handphone itu kepada Ayu ?

“Ya Insya Allah aku siap. Ya dudah ayo berangkat……!

Setelah sampai di depan kelasnya Ayu. Sri bertanya.

“Hai Ayu, nih aku mau mengembalikan handphone kamu yang hilang kemarin ? kata Sri.

“Oh ya, mana sekarang handphonenya ? kata Ayu

“Nanti temenku Inne yang akan mengasihkanmu.

“Ni handphonenya Yu,Aku minta maaf yang sebesar-besarnya pada kamu Yu, tolong ya maafkan akuuuu…. ?

“Ya…,iya sudah,sudah aku maafkan.Lain kali jangan diulang lagi ya

“Oke Yu. Makasih banget ya………..

“Ne gimana kabar ibumu sekarang ? kata Topan

“Sekarang sudah agak sembuh,Pan.

“Ne, nih aku mau memberikan sedikit uang dari teman-teman kamu untuk ibumu yang sedang sakit. Kata Topan

“Ya,ne aku berikan dengan ikhlas kepada kamu ? kata Yasin dan Yasir

“Terimakasih ya teman-teman,aku tidak tahu harus bilang apalagi sama kamu.Kamu memang teman-temanku yang paling baik.

“Ya sudah kita masuk yuk, nantikan ada ulangan harian Ekonomi ? kata Abdul.

Setelah semua permasalahan selesai.Mereka belajar dan bermain bersama-sama lagi seperti biasanya.Jadi itulah yang dinamakan dengan persahabatan.Jadi dimana kita berada apabila ada teman atau saudara yang sedang kesusahan atau kesulitan kita bantu semaksimal mungkin dengan penuh rasa ikhlas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar