Custom Search

Sabtu, 07 Februari 2009

KESUMA WARDHANI Oleh Nihayatul X1

TUGAS BAHASA INDONESIA
MENULIS CERITA PENDEK












Disusun oleh :


Pada suatu siang yang cerah di hari ketujuh belas di bulan Desember pada dua belas tahun setelah kemerdekaan lahirlah diriku, seorang anak yang cantik dan manis bernama Kesuma Wardhani. Aku terlahir dalam lingkungan keluarga jawa yang berkecukupan dengan satu saudara laki – laki. Ayahku adalah seorang mandor dan ibuku seorang ibu rumah tangga yang kadang – kadang menjadi penjual sayur keliling. Meski aku terlahir dalam keluarga yang bekecukupan dan pada jaman yang masih bisa dibilang sebagai zaman awal pembangunan Indonesia, kehidupanku tidak kekurangan dan serba terpenuhi.
Beberapa tahun berlalu, tibalah saatnya aku untuk memulai pendidikanku. Pagi itu ayahku berkata, “ nduk, kowe iki wis enggal sekolah.., lha karepmu arep sekolah nang ndi, cah ayu?” akupun menjawabnya dengan polos ala anak kecil “ nggih pundhi mawon mboten nopo – nopo, pak?kulo nderek mawon miturut bapak pundhi ingkang sae...”Ayahku menimpali pernyataanku “ lha nek kaya kuwe, priwe nek kowe sekolah nang SD 1, bae. Kae loh sing perek mushola”, Aku hanya menjawab “ Nggih pak..., kula purun sekolah wonten mriko,” Ayahku menjawab “ Ya wis bapak ngesuk arep ndaftarna koe nang ngana, arep melu ??”.aku menimpali “ Mboten lah, kulo wonten ndalem mawon, nengga ndalem“.
Tidak terasa sekarang aku telah memasuki sekolah baru yaitu SMP karena aku tidak ingin puncak prestasi belajar yang kuraih semenjak SD tergeser maka aku menjadi semakin giat belajar, akhirnya hari – hariku telah dipenuhi dengan kegiatan belajar, belajar dan belajar. Karena melihat diriku yang terlalu sering belajar maka kakakku merasa penat dan mengajakku bermain “ Suma, aja keakehan belajar lah.., mbok ko malah dadi cuntel, wis siki melu mamas dolan bae, yuh?!”, Aku menimpalinya dengan “ Lah, tapi Suma lagi nggarap PR mas, tunggu sedela ya mas, ngko aku melu mamas, mas arep ngendi ya??”.” lah ngendi – ngendi ya, sing penting ra neng ngumah “kata Kakakku.
Kakak dan akupun keluar dari rumah, karena aku tidak ahu akan diajak kemana sebenarnya diriku ini, akupun bertanya” Mas, mamas arep nang ndi koh?deneng kiye kaya arep maring lapangan?” Kakak menjawab”genah dhewek arep meng lapangan jarjare arep meng ngendi?” .
Beberapa menit kemudian kamipun sampai ke Lapangan desa kami, yaitu dekat kantor kepala desa dan ternyata telah ramai oleh segerombolan anak laki – laki. Kakakku berkata ” Siki mamas arep dholanan volly kambi batire mamas, kowe melu ya nggo genep – genep?!”. Sebenarnya aku ingin bermain bersama, tapi aku sadar diri kalau aku tidak tahu sama sekali tentang dasar – dasar permainan bola Volly. Jadi, aku berpikir sejenak untuk menjawab pertanyaan kakakku, dan..., ” jane aku gelem sih mas, tapi aku ora ngerti volly babar blas, ngko nek mamas kalah apa ora isin?” kakak malah dengan enteng menjawab ” Lach, nek kur kaya kuwe thok sih gampang, sing penting kowe manut bae karo apa sing diomongna nag mamas, Ocre ?!”, Dan akupun menjawab dengan gembira, ” Ocre dech, yuh siki dhewek mule main ..., ”. Kamipun bermain volly bersama, pada set pertama,permainan sudah mulai sengit dan berakhir dengan deuce, Akhirnya regu kamipun menang .
Tidak terasa hari beranjak sore, kakak mengajakku pulang, diperjalanan aku kembali berpikir tentang pertandingan tadi dan aku berkesimpulan bahwa permainan volly teryata tidak sulit, tiba – tiba lamunanku buyar karena kakakku mengajak diskusi tentang pertandingan tadi ” Suma, jebule kowe pinter dolanan volly, ya?ngertia kowe tak ajak dolan kawit ganu bae me teamku ra kalahan maning”, Karena mengira kakak hanya berkelakar aku pun juga menjawab dengan penuh candaan” Jane sih aku wis pinter kawit neng wetenge mamake,cuma khan aku ra seneng pamer, priwe yach? Pahlawan kan metune trakhiran..., :p” Kakak menjawab ”lach kowe, serius sih ngapa! Kowe ki duwe bakat, mula kowe gelem ra dadi team inti nang Team Volly Kelurahan? Nek gelem ngko kowe bakal dilatih khusus men bener – bener ngerti volley, kebeneran posisi liberone lagi kosong, priwe?” Aku terkejut campur senang, karena saking senangnya aku menjawab sambil berteriak” SUMPAH MAS? KOWE RA LOMBO, KHAN ???” kakaku menimpali “ ya iyalah ra lombo, masa aku lombo karo adine aku dhewek, apa untunge ?”.
Hari – hariku setelah hari itu sudah tidak dipenuhi dengan belajar melulu, kini aku menjadi semakin sibuk dengan jadwal latihan Volly, ujung – ujungnya aku dimarahi ayah karena prestasiku turun dan nilaiku tak sebagus dulu, seperti pada penerimaan laporan hasil belajar semester lalu, ayahku berkata “ Bocah – bocah karepku cukup kakangmu bae sing sekolahe ndableg kowe aja melu – melu, eh.. jebule kowe malah lewih parah, siki bapak tek takon, janjane kowe karepe apa?” Aku berkelit dari tuduhan Ayahku “ Nggih kula karepipun ndados ingkang paling sae, tapi menawi kula mboten saged dados ingkang paling sae teng pelajaran biasa nggih kula bae dados ingkang paling sae ing pelajaran olahraga, pripun pak? Angsal ?” Ayahku menjawab “ karepmu, tapi kowe kudu janji karo bapak walaupun nilaimu elek tapi kowe ra olih ra munggah kelas, nek kowe ra munggah otomatis kowe ra olih Vollyan maning, setuju?!” Aku pun segera menyetujuinya “ nggih pak, kula janji….., “.Tapi walaupun nilaiku jelek, Ibuku selalu mendukungku dengan berkata “ Nduk, kowe olih dolan olih dadi apa bae asal kowe ora klalen karo tugasmu yaiku sekolah, ibu ora njaluk apa – apa sing penting kowe dadi wong bener baen ibu wis seneng…,”.
Sekarang aku telah menjadi pemain volley yang terkenal, bagaimana tidak? Aku adalah satu – satunya anggota team inti yang perempuan dan kebetulan aku adalah pemain termuda dibanding lainnya. Akupun punya julukan dari kawan satu teamku yaitu “Unchained Jasmine” artinya Melati yang tidak terangkai atau aku bagaikan bunga melati yang harum namun tidak seperti melati lain yang seharusnya terangkai sebagai penghias atau pengharum.
Tidak terasa aku sudah menamatkan seluruh pendidikanku , kini waktunya aku untuk mencari pekerjaan sendiri. ”Aku menawar semua lowongan tapi kenapa sampai saat ini aku diterima ya…,?!”Kataku dalam hati karena aku bingung. Akhirnya aku sampai di salah satu kantor departemen negeri, dan coba tebak, Akhirnya aku diterima kerja disana karena bos disana adalah teman satu team dulu di kelurahan. Tapi sungguh aku tetap merasa kehilangan yang mendalam karena saat aku diangkat sebagai PNS, ibuku meninggalkan diriku untuk selamanya, inilah salah satu penyebab mentalku down dan aku menjadi linglung saat bekerja.
Meskipun aku berusaha menutup – nutupinya akhirnya Atasanku tahu juga kalo aku sedang dalam kondisi tidak sehat, kemudian ia memanggilku keruangannya dan disana ia berkata” gyeh Suma, aku kiye batirmu kawit cilik, aku ngerti nek kowe ki lagi sedih banget gara – gara di tinggal ibumu, tapi tulunglah, masalah kuwe aja digawa maring kantor, aku yakin ibumu bakal lewih sedih maning nek weruh anak wadhon siji – sijine siki dadi wong sing ra rajin lan ra ceria maning.” Aku sedikit lama dalam mencerna ucapan atasanku tapi akhirnya aku menyadari kesalahanku dan aku berjanji untuk memperbaikinya dan menjadikannya sebagai pengalaman berharga.
Kini semangat hidupku telah kembali, aku menjadi aku yang dulu lagi, rajin dan berprofesionalisme tinggi, bahkan sekarang aku masih bermain volley dengan teman sekantor dan menjadikan kegiatan itu sebagai agenda rutin bagi kami. Sekarang aku mendapat julukan dari teman sekantor “ Si ngga ada matinya “ karena menurut mereka aku seperti jarum jam yang selalu berdetak berputar – putar tanpa merasakan lelah.
Kini semua telah kuraih ; menjadi pemain volley yang professional, pegawai yang memiliki kedudukan yang terpandang dikantornya, memilki penghasilan yang tetap setiap bulan, hanya saja ibuku tidak sempat menikmati semua ini bersamaku, aku berharap ibu berbahagia di alam sana. Oh ibu aku hanya ingin berkata “ semoga ibu bisa melihat semua ini, lihatlah ibu…, anakmu telah menjadi seseorang yang patut dibanggakan.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar