Custom Search

Selasa, 03 Februari 2009

TERSESAT DI HUTAN

Oleh: Herga X-1
Ada sekelompok remaja yang bercita – cita meneliti kehidupan. Mereka adalah Doni, Arif, Indra, Suci, dan Veni. Ketika itu Doni mengajak teman – temannya untuk berkumpul. Saat teman – temannya sudah berkumpul di rumah Doni, Doni mengajak mereka untuk mendiskusikan penelitian kehidupan.
Doni, Arif, Indra, Suci, dan Veni mulai mendiskusikan kehidupan apa yang akan diteliti. Mereka saling berjuang untuk memikirkan masalah penelitiannya itu. Ketika lama berpikir, Indra mengacungkan tangan dan berpendapat. “ Teman – teman bagaimana kalau meneliti kehidupan laut,” kata Indra. Tetapi Suci tidak setuju dengan pendapat Indra, Doni bertanya kepada Suci. “ Ci, kenapa tidak setuju?”lalu Suci menjawab. “ Begini Don, meneliti laut itu bahaya?” ketika itu mereka bingung. Saat mereka berpikir kembali giliran Veni yang berpendapat. “ Dengarkan aku punya pendapat, bagaimana kalau kita meneliti kehidupan hutan.” Akhirnya mereka setuju dengan pendapat Veni.
Kemudian Doni dan teman – temannya mempersiapkan hal – hal apa yang akan digunakan untuk penelitiannya. Tetapi matahari mulai tenggelam, dan persiapan itu akan dilanjutkan hari berikutnya. Mereka pulang ke rumah masing – masing.
Hari berikutnya Doni, Arif, Indra, Suci, dan Veni kembali berkumpul untuk mempersiapkan penelitian. Ketika itu Arif bertanya. “ Teman – teman hutan apa yang akan kita teliti.” Doni menjawab. “ Bagaimana kalau hutan Rimba.” Lalu mereka setuju dengan Doni. Akhirnya teman – teman Doni memutuskan untuk meneliti hutan Rimba.
Mereka juga memilih Doni untuk menjadi Ketua kelompok, yang lainnya menjadi anggota kelompok. Doni dan Teman – teman memutuskan berangkat dua hari berikutnya. Mereka mulai mempersiapkan bekal yang akan dibawa waktu penelitian di hutan Rimba.
Setelah dua hari kemudian mereka berkumpul di rumah Doni untuk pemberangkatan ke hutan Rimba. Sebelum berangkat mereka berpamitan dengan orang tua. Tiba – tiba ada kakek – kakek minta sesuap nasi kepada Doni. Lalu Doni mengambil nasi dan memberikannya kepada kakek – kakek tua itu, sebelum kakek tua itu pergi dia mngatakan sesuatu kepada Doni. “ Nak, hati – hati di hutan.” Saat itu Doni takut dengan kata – kata kakek tua itu. Lalu teman – temannya menyuruh supaya tidak percaya dengan kata – kata itu. Akhirnya mereka berangkat ke hutan Rimba dengan menggunakan mobil Jeap.
Setelah menempuh perjalan yang cukup jauh, sampailah disebuah desa dekat hutan Rimba dan mobil mereka dititipkan di desa itu. Mereka menuju ke hutan Rimba berjalan kaki. Perjalanan itu sangat melelahkan.
Doni dan teman – temannya terus berjalan dan mencari tempat untuk mendirikan tenda. Setelah lama mencari akhirnya mereka menemukan tempat yang cocok untuk beristirahat. Doni dan teman – temannya mulai mendirikan tenda, karena hari sudah sore mereka akan melakukan penelitian keesokan harinya.
Matahari mulai terbit dan mereka mencari makanan. Karena Doni sebagai ketua kelompok Doni harus bisa membagi tugas anggota. Lalu Doni membagi tugasnya dengan merata. Mereka sangat senang karena bisa mempunyai ketua yang adil dan bijaksana.

1 komentar: